Sabtu, 24 Mei 2008

Behind The Scene : HandPhone

sebenernya cerita ini sudah terjadi pada waktu yang sangat lama di masa lalu, kira2 sekitar 10.000 tahun sebelum masehi (baca : 10.000 BC, jadi pas jaman2 saber tooth, halah)

barusan aku chat ama Citra (akt 05-dulunya- sekarang di Aussie, entah dimana, tapi masih sering chat), dia cerita tentang kalo dia barusan aja beli SE P1i di sono, dengan menggunakan uang gaji kerja part-time dia disana selama 2 minggu.

bayangpun sodara2 pembaca setia blog ini, bayangpun!!! dalam waktu 2 minggu kerja part-time, bisa beli HP seharga sekitar $300 an .... uenak banget toh disana.. bikin ngiri aja. disini, kerja 2 jam dapetnya 40rb. wah...

kalo gitu, ayo kita mari (hah?? bahasa apa itu) rame2 pergi ke aussie, demi kerja parti time selama 2 minggu doang... hehe.. gimana2? ada yang mau ikut? kalo mau, ntar beliin tiketku y..

nah, karena dia baru beli HP, maka pembicaraan tidak jauh-jauh dari HP. hingga sampailah pada suatu masa (kesannya chat-nya lama banget), membahas tentang nokia 6600.

yup, Nokia 6600, tau kan? HP berwarna item yang selalu nyangkut di kantong celana bagian kiri ku. pokoknya kalo ngeliat aku lagi berjalan, dan tangan ku bergerak2 gak karuan, padahal mataku mengarah ke jalan, bisa jadi aku sedang nulis sms di HP (keren toh aku, bisa ngetik tanpa melihat. aku gak sombong lho ya, tapi ketoke di laptop juga bisa sih,, sumpah aku gak sombong loh... suer..!!!) *urusan ada huruf2 salah, urusan belakang, kan bisa diperbaiki dengan hati2, yang penting gaya dulu*

nah, ketika chat itu, aku ceritakan sejarah HP itu ke citra,, dan ada baiknya aku sebarkan pula sejarah hebat yang telah mengubah sejarah besar pergulatan bisnis komunikasi di daratan eropa, amerika dan asia (terutama indonesia) ini. tapi, karena banyak penggemar2 saya yang membaca blog ini (wkwkwkwwk) maka saya berikan tambahan cerita.. yaitu, sejarahku dengan HP, sedari awal dahulu kala sehingga kini.. (bahasa apa toh iki)

begini ceritanya...
(kayak acara RCTi dulu gak sih,,, yang tiap malem jumat, cerita2 hantu, lupa tapi judulnya apa)

pertama kali aku mengenal HP adalah sekitar aku masih pake seragam warna putih-merah. (yoi banget toh aku, jaman SD aja dah kenal HP). waktu itu kenalnya cuma dari majalah tempo ato gatra, lupa hampir2 mirip sih (baca:majalah langganan bapakku). kalo anda-anda kritis, seharusnya anda2 sampai pada suatu kesimpulan bahwa jaman itu pun aku sudah membaca majalah2 politk yang berbobot dan berkualitas. *pantes besarnya jadi gini: arif, bijaksana dan berwibawa* hehe...

kalo gak salah pas jaman itu, iklan yang ada adalah alcatel. *kalo gak salah loh y..* ("dan biasanya aku tidak pernah salah" - tony stark @ ironman). seingetku dulu make 1 halaman majalah itu penuh, dan iklannya di beberapa edisi, jadi aku inget. *sekali lagi, menandakan kalo aku terus membaca majalah2 tersebut. aku gak bermaksud sombong loh ini...wkwkwkw*

oh ya, at that time aku tinggal di daerah-daerah perkebunan di sumatera utara, dimana bahkan telepon kabel pun merupakan barang langka. aku masih inget kalo tiap akhir pekan ibu ama bapak ngajak ke kota (yang jaraknya sekitar 30 km) untuk ke wartel dan nelpon mbah di malang. Jadi bisa membayangkan lha ya... betapa visioner dan IT-minded nya aku sedari dulu....

aku lanjutin,waktu itu aku sempet minta dikado HP pas ultah,, tapi apa daya kata ibu "anak kecil kok mintanya macem2". oh,, ya udah.. emang itu pas jaman SD kelas 4 sih.. lagian sapa juga yang mau ditelpon, ato sms..

anyway, setahun kemudian bapakku beli HP. (ya kira2 setahun lah.. kira2 sebelum krisis mei 1998 soale). bisa bayangkan HP jaman itu kan? ukurannya GUUUEDDDEEE.... kalo nelpon HP nya diangkat2.. nyari sinyal sampe naek2 kursi.. (kira2 sama kayak aku kalo pas mainan HP di Imagama). dan sejak saat itu, kalo mau nelpon mbah gak perlu repot2 ke kota.

lanjut,,

pas SMP tingkat penggunaan HP sudah semakin tinggi di Medan, salah satu kota paling modern di dunia. beberapa temen2 (ini namanya bahasa yang tidak efektif) smp ku udah ada yang menggunakan HP, walaupun cuma dipake untuk... gak tau ngapain.... haha..

*bertanya2 kenapa medan menjadi salah satu kota paling modern?* jawabannya gampang.. karena masyarakatnya memang masyarakat dunia maju. bayangkan, mereka terbiasa menggunakan bahasa inggris. gak percaya?
  • apa bahasa inggrisnya kabel? yup.. wire. nah orang medan biasa menyebut kabel dengan istilah = wayar
  • apa bahasa inggrisnya olahraga? Sport kan... apa coba bahasa medan-nya olahraga.. sepot
  • bahasa inggrisnya jalan2/muter2/keliling2? raon-raon... dari asal kata bahasa inggris=round - lingkaran
nah.. udah cukup membuktikan betapa well-advanced nya masyarakat kota medan kan? oleh karena itu, ente2 gak akan bisa tes TOEFL(Test Of English as Foreign Language) di medan, gak ada yang nyelenggarain. adanya TOEPL (test of english as primary language) *sombong*

-----
tulisan terhenti karena laptop-ku dibajak oleh Danang (T.Sipil'05-temen sekontrakanku). Judulnya sih mo nyari tugas, karena aku baik hati dan tidak sombong, ya tentu saja aku bolehin, karena aku yakin hal ini akan meningkatkan harkat hidup masyarakat banyak. *apa toh!!!*

kebetulan pula, malemnya (sekitar jam 1.30) bakalan ada final liga champions, Chelsea vs MU, kayaknya kalo aku istirahat bentar, trus ntar bangun yoi juga.. jadi kan seger pas nonton ntar. biar bisa teriak2 dengan penuh tenaga.

aku bilang "Nang, ntar bangunin gw jam 1 ato pas lw dah kelar internetan yak?"

lalu aku menempelkan badan ke kasur, yang lokasinya sebenarnya tidak jauh-jauh amat dengan posisi laptop (untuk mengatakan bahwa laptop ada di sebelah kasur, hehe).

tak dinyanya tak disangka, ternyata eh ternyata, YM ku masih idup... niat baik Danang untuk ngerjain tugas, (ternyata) ditambah dengan tindakan mulianya untuk membalas beberapa messages yang masuk ke YM-ku. *damn*.

(diketahui setelah dia melakukan tindak2 mencurigakan berupa: ngetik cepet, muka nyengir dan sambil cekikikan)

awal-awalnya sih dia bilang, "jal, si ini nulis...bla bla bla". aku jawab "balesin..bla bla bla".

lalu, aku merasa ada yang janggal

..

aku nitip pesannya dikit, kok ngetiknya banyak...

..

ternyata,,

..

dia melakukan "improvisasi"

..

*damn*

..

"jal, yang ini...--tiiiiitttt(sensor)-- cewek ato cowok?", rizal: "cewek", danang membalas:"asik.."

..

asem ik.. bisa-bisa nama baik,nama besar, reputasi, goodwill, wibawa, dan segala apa-apa tentang diriku yang baik2 hancur dalam sekejap oleh tingkah polah tidak bertanggung jawab ini..

..

maka aku melakukan 2 tindakan:
tindakan pertama : mengganti status YM. tujuannya, biar yang OL tau kalo yang make bukan aku, tapi masih bisa ngirim messages kalo ada hal-hal kenegaraan yang penting dan mendesak untuk dilaporken dan disampaiken.
hasil : gagal. danang masih tetap ngirim2 messages gak jelas. salah satu bentuk percakapan gak jelas tersebut adalah:

xxx(sensor): jal, liat si X OL g?
rizal (ID doang): liat, tapi dikit...


...

hmmm...

tindakan kedua: matiin YM
hasil: masih gagal, karena ternyata laptop nyimpen ID ama password.

..

hmmm lagi...

..

tindakaan ekstra: matiin Ym plus ngapus ID ma password yang tersimpan
hasil : sukses. danang tidak berkutik. maka misi mulia mencari bahan presentasi akan segera tercapai.

..

*senyum kemenangan*

..

setelah itu aku baru tertidur dengan nyaman, masih dengan harapan dibangunin untuk nonton final.

..

----

eh, aku lanjutin ya cerita tentang asal-usul dan sejarah HP di dunia... (kok jadi ngalur ngidul gini sih.. mumpung gak bisa tidur ini...waktu pengerjaan sekarang : 24 may 2008 04:34)

terakhir cerita pas SMP toh? *bentar aku cek dulu ke atas, lupa je'* nah iya bener, pas SMP. nah, sodara2 sekalian, pas SMP aku belum dikasih HP. mungkin aku masih dianggap belum dewasa at that time y. padahal sebenernya udah lho,, buktinya aku udah mencoba-coba bertingkah seperti orang dewasa, seperti : berpakaian seperti orang dewasa, berpikir seperti orang dewasa, berbicara seperti orang dewasa, dan... menonton tontonan orang-orang dewasa... hehehehe.... yu nou wat ai min kan...

*buat yang gak tau, dan ato yang sotoy. contoh tontonan dewasa adalah : acara-acara berita TV, acara talk-show politik, berita internasional, AA'Gym (waktu itu masih ngetop, istrinya masih 1 soalnya), dll... makanya jangan mikir kemana2 dulu bos.. i'm not that kind of person kok..*

tapi gpp, lagian di rumah juga udah pake wireless phone pada saat itu. beti-lah (baca: beda tipis) ama handphone/cellphone. buat nelp --tiiiittttt(sensor, berbeda dengan yang disensor sebelumnya)-- berlama2 tetep yoi... bisa sambil ngapa2in soalnya.. *hayo2 ada yang mau bikin TPF lagi? hahaha*

masuk ke SMA, sebenernya dibekali HP. tapi...

the rule of the school is clear, NO HP is ALLOWED.

As a discipline students, i stick myself to the rule...

pertamanya aku balikin HP nya ke ortu, tapi ternyata,,, setelah aku tau kalo peraturannya tenyata masih ada sambungannya.. yaitu..

GAK BOLEH BAWA HP,,
TAPI KALO GAK KETAHUAN , YA GAK PAPA

haha....

tau gini dari dulu kek...

maka sejak kelas 2 SMA aku udah bawa HP. walaupun diem2, walaupun deg-deg-serrr... tapi demi... demi kemajuan bangsa dan negara aku harus tetap up-date dengan perkembangan luar, dan tetap harus keep on contact dengan beberapa orang..(baca: ibu dan bapak)

trus, pas kuliah..

ya pasti lah pake HP.... hari gini gak punya HP.....???

berhubung sekarang perjalananku masih sampe kuliah, ya udah aku cukupkan sampe sekian dulu d cerita tentang sejarah terciptanya HP di dunia..

sebenernya ada satu cerita menarik pas aku kuliah, masih seputar HP juga.. tapi kayaknya postingan yang ini kebanyakan d.. ntar kapan2 aku sambung d ceritanya..

dah pagi.. dah subuh, aku harus segera tidur,, hehe..


----

sebelumnya kan aku nulis tentang rencana nonton final piala champions. ini yang terjadi ketika itu.

Harapan: tidur sebentar, dibangunin danang, pas bangun jam 1 seger, nonton bola dengan mantab, tidur setelah nonton bola, bangun tidur dengan ceria, melanjutkan hari dengan hebat.

what a perfect plan!

..
..
..

kenyataan : tidur kelamaan, danang lupa ngebangunin aku, bangun jam 5.30an pagi, gakjadi nonton bola gara2 tidur, Chelsea kalah, efeknya jadi males ngapa2in.

2 komentar:

anatasya mengatakan...

sial
ternyata kamu lebih narsis dr aku
masa' aq kalah sama kamu mas
g rela banggetzz!!

ocha mengatakan...

baru pertama baca blog mu kak...
mantap!!

sejak kapan wire dibaca wayar, round jadi raon2, sport jadi sepot? what?!!
-,-"

kesimpulan: narsis!!
^,^