Selasa, 09 September 2008

Ayam Goreng Mas Rizal

Liat judul nya.... udah berasa2 kayak nama restoran kan.. hahaha..

Kemaren minggu, kebetulan habis dari Giant,, belanja2 beberapa bahan buat keperluan puasa,, *udah kayak ibu2*.. beli ini itu.. mule dari kecap, saos ABC, bawang2an, sosis, sampe ayam.. haha..

aku beli sayap ayam 2 kilo... buat persediaan hampir seminggu lah... rencananya sih mo digoreng2 aja.. kemaren pas sahur bareng ama anak2 indo disini, mereka sempet masak itu juga, tapi pake tepung yang bikin crispy itu.. nah.. kemaren berhubung gak bawa duit banyak *dan dalam rangka penghematan juga*, aku gak beli.. hehe..

pas mo beli, sebenernya mikir.. gimana caranya ya nggoreng ayam... maksudnya,, bumbunya apa aja.. trus caranya diapain.. trus,, aku coba sms ibuku...

*menunggu balesan sms, tapi kok gak ada balesan hampir setengah jam*

daripada bingung2... aku putuskan untuk membli aja dulu.. urusan bumbu-membumbu.. ntar gampanglah.. masih ada minimarket deket kamar..

eh, di jalan ada balesan sms,, dari ibu dan dari nina...

kata ibu : "udah bang, kamu beli bumbu jadi aja. kalo gak ada, pake garem dan bawang putih juga bisa".

kata nina : " yaa jgn cuma garem, gak mantep! ini resep andalan mbahqu: ayam dipotong, cuci bersih, trus rebus sebentar (tanpa bumbu) biar amisnya berkurang, trus ambil ketumbar secukupnya, garam n kunyit secukpnya, ulek sampe halus, bubuhkan diatas ayam sampe rata, tambahkan air sdkt, rebus lagi ayam dgn bumbu smp airnya sat, trus goreng d. dijamin empuk+enak! "

endang... panjang aja prosesnya.. mana aku punya ketumbar ama kunyit.. *bendanya yang mana juga ketoke aku gak tau.. apalagi bahasa inggrisnya,, hahaha,, kan bingung kalo mo beli*

akhirnya, aku sedikit berimprovisasi aja.. menggabungkan kedua saran diatas,,, pake bumbu seadanya (seperti kata ibu) dan pake proses masak yang dikasih nina..

Tapi,,, ternyata,,, kata2 "secukupnya" itu perlu didefinisikan lebih lanjt.. soale.. percobaan pertama ku... kebanyakan garem.. hasilnya... keasinan..
hahaha..

anak2 yang sahur barengan ma aku juga bilang gitu.. tapi.. afterall, habis juga ama mereka.. hahaha...

trus, tadi pagi, aku coba lagi prosesnya, dengan bumbu yang masih sama.. cuma kali ini garemnya bener2 "SEcukupnya"...
(proses=> ayam direbus tanpa bumbu, dilumuri garam, direbus lagi pake bumbu bawang putih doang, trus goreng)
dan hasilnya...

enyak enyak enyak...

hahaha...
apalagi ketemu kecap yang lumayan enak rasanya.. (walopun bukan kecap bango)

Tidak ada komentar: